CONVERGENCE / KONVERGENSI (MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM – MIS)


Pengertian Konvergensi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
Konvergensi adalah suatu (proses) penggabungan personal computing, telekomunikasi (telecommunications), dan televisi (televisions) kedalam suatu program teknologi. Contohnya, kita dapat menonton televisi, menyusun surat elektronik (by e-mail), dan mengirim pesan dalam bentuk teks dengan menggunakan telepon seluler kita. Jika kita mempunyai telepon seluler yang multi-fungsi seperti itu ataupun PDA, kita tidak perlu menggunakan komputer atau kita tidak lagi memerlukan saluran telepon , mesin fax, dan sebagainya.

Pada masa sekarang ini, kita dapat merekam suara kita, mencari kamus, melakukan pengambilan gambar film, mencari lokasi yang kita inginkan dengan menggunakan telepon selluler kita ataupun dengan menggunakan alat-alat digital lainnya. Tipe/jenis dari sistem ini disebut Konvergensi.

Kehadiran teknologi 3G, Super 3G, 4G, WiMAX, dan sejenisnya akan mengubah cara kita menggunakan dan berpikir tentang telepon, yang kemudian akan memacu konvergensi di kalangan industri telekomunikasi nirkabel dengan memasukkan sebanyak dan sebisa mungkin barbagai fitur perangkat keras dan perangkat lunak ke dalam telepon selluler.

Memang sekarang ini, teknologi 3G digemari oleh banyak orang. Teknologi 3G mengubah pembicaraan telepon yang selama ini dikenal dengan hanya mendengar, berubah menjadi mendengar dan melihat. Dengan tidak hanya menggelar teknologi infrastruktur baru seperti WCDMA saja, para produsen perangkat telepon selluler didesak mengonvergensi berbagai teknologi yang selama ini dikenal penggunaannya pada teknologi informasi. Skype, Yahoo Messenger, e-mail, pengolah kata Word, dan sejenisnya akan tersedia pada berbagai ponsel. Teknologi 3G sekarang ini bukan lagi telepon untuk berbicara dan bukan lagi hanya perangkat telekomunikasi yang kita kenal sekarang ini.

Berbagai gadget masa depan yang merupakan konvergensi berbagai fitur teknologi informasi dan telekomunikasi akan menjadi sebuah asisten multimedia seseorang dengan lingkup yang sangat besar, sejauh kita bisa mengadaptasinya untuk memanfaatkan semaksimal mungkin. Kita akan mengenal sebuah generasi baru yang disebut sebagai generasi-m (mobile), yang sangat mudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Perilaku generasi-m ini sangat radikal terhadap kemajuan teknologi telepon selluler.

Keuntungan Konvergensi TI dan Telekomunikasi
Mudah dalam menggunakannya, dan kita dapat menemukan segala sesuatu informasi yang kita inginkan dalam waktu yang singkat melalui alat-alat digital kita.

Membawa dunia pada suatu tempat dan tipe/jenis teknologi ini lebih bermanfaat bagi para pengguna, dalam hal ini masyarakat. Seperti yang sudah disebutkan tadi, kita dapat menonton televisi, menyusun surat elektronik (by e-mail), dan mengirim pesan berupa teks dengan menggunakan telepon selluler kita.


-->
Memang, perpaduan teknologi serta inovasi yang dihasilkan dari teknologi informasi dan telekomunikasi, mempengaruhi pola pandang manajemen pengaturan atau regulasi yang telah ada, karena konvergensi teknologi menghasilkan berbagai jenis layanan baru yang belum ada sebelumnya.
Dengan semakin meluasnya teknologi informasi dan telekomunikasi, diharapkan dapat semakin bertambahnya wawasan/pengetahuan yang didapat oleh masyarakat mengenai teknologi informasi dan telekomunikasi, dan masyarakat pun dapat menggunakannya/memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Jadi, masyarakat pun tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa lainnya, dan tidak mengalami gagap teknologi dan mampu mengaplikasikannya dengan sebaik mungkin.


-->
Aplikasi (Case : Konvergensi Dalam Dunia Medis)
U.S healthcare sistem sedang menghadapi permasalahan penting dalam area seperti total biaya, efisiensi dan keterbatasan dari informasi dan dalam hal perawatan yang meliputi integrasi sistem untuk mengumpulkan, menyimpan dan berbagi informasi medis.
Berikut merupakan 4 kunci konvergensi pada healthcare :
  • Integrating Mobile and Fixed Access Options – wireless dan metode lain dalam meng-access aliran informasi.
  • Pergerakan ke Internet Protocol (IP) – Jaminan Multi jaringan komunikasi dan memungkinkan banyak fungsi bertemu pada satu jaringan yang jauh dengan flexsible.
  • Optimalisasi aplikasi insprastruktur - Health dan bisnis aplikasi berkerja baik ketika aplikasi dan insprastuktur mengatur pencapaian suatu sasaran yang dapat dicapai.
  • Pemanfaatan IP berdasarkan service IP – Jaringan penangan ekonomi service komunikasi seperti voice over internet protocol (Voip), IP televisi, IP telepon dll.


-->
Keuntungan dalam interegasi access jaringan :
  • Data Lebih baik - medis Staffers mempunyai akses yang lebih cepat ke data pasien dari hampir di manapun di fasilitas pelayanan kesehatan. Pasien arsip dapat dibaharui di (dalam) waktu yang riil.
  • Perbaikan Komunikasi – Pasien dan doktor dapat berhubungan melalui email.
Konvergensi adalah suatu konsep pokok yang strategis untuk healthcare para eksekutif yang sedang membantu menciptakan RHIO’S. Dari akses jaringan inti pada jaringan ke IP-enabled aplikasi dan jasa penyampaian jaringan. Konvergensi membantu organisasi menaikkan capaian mereka, meningkatkan ketangkasan, meningkatkan manajemen pengendalian dan memperkuat keamanan. Seperti merencanakan IT strategi untuk organisasi, healthcare dan para eksekutif perlu mempertimbangkan bagaimana mereka dapat mengambil keuntungan dari bertumbuhnya potensi dari pemusatan jaringan.
References :
1. Article convergence (www.att.com)
2. Improvement Talk – Doni Adriansah
0 Responses